• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Kunjungan Yana Suyatna ke Jatisari Memotivasi Aparat Kecamatan dan Desa untuk Berbenah

    Rabu, 03 Juli 2024
    Yana Suyatna.


    Progresif.id - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Yana Suyatna diundang Sekcam Jatisari, Kabupaten Karawang, Danilaga, untuk mengikuti rapat minggon kecamatan, Selasa (3/7/2024) siang. 


    Pada rapat ini, Yana Suyatna diminta berbagi ilmu atas prestasinya sebagai camat terbaik di Jawa Barat tahun 2012 dan 2014, saat dia menjabat Camat Cibitung, Bekasi.


    Pada rapat minggon kecamatan Jatisari ini, dihadiri semua kepala desa, pegiat kesehatan dan pegiat sosial masyarakat.


    Dijelaskan Danilaga, dia dan Yana Suyatna teman akrab satu sekolah di SMAN 1 Karawang, Danilaga ingin mencontoh prestasi yang ditoreh kawannya ini, selama menjabat camat di Kabupaten Bekasi.


    "Kang Yana kami undang, kami ingin belajar kepada Kang Yana, terkait inovasi membangun wilayah kecamatan. Kebetulan, Kang Yana juga satu alumni sekolah, jadi saya tertarik dengan program dan prestasinya di Bekasi," kata Danilaga.


    Diakui Danilaga, selama Yana Suyatna jadi camat, pelayanan di kantor Kecamatan Cibitung menjadi percontohan se-Indonesia, bahkan Kang Yana sering diundang menjadi narasumber di beberapa daerah untuk menjelaskan inovasi program-program selama dia menjabat camat. 


    "Rencana kita mengundang Kang Yana ini sudah lama, tapi baru terealisasi sekarang," kata Danilaga.


    Sementara itu, Yana Suyana menjelaskan, membenahi wilayah kecamatan hingga pedesaan membutuhkan proses dan kerjasama dengan masyarakat, tiap wilayah punya karakter yang berbeda dan cara penanganan yang berbeda pula, tetapi semua bisa ditangani dan dikembangkan.


    "Jatisari ini merupakan gerbang timur Kabupaten Karawang, wilayah kecamatan ini harusnya bisa cantik dan tertata rapih," kata Yana.


    Dijelaskan Yana Suyatna, berbenah dimulai dari pelayanan di kantor kecamatan, ruang layanan harus nyaman, aman dan disiapkan minum bagi masyarakat, juga disiapkan kipas angin atau AC, termasuk pasang televisi untuk hiburan, ini untuk memanjakan masyarakat dan aparat desa yang datang mengurus surat-surat administrasi kependudukan dan lainnya.


    "Supaya masyarakat, ketua RT, ketua RW dan aparat desa yang kelelahan jauh-jauh datang ke kantor kecamatan bisa istirahat di sini, kalau ada warga dan aparat desa yang tidur di kursi antrian berarti kantor kecamatan ini sudah dirasa nyaman," kata Yana Suyatna.


    Disebutkan Yana, selain di kantor kecamatan, pelayanan maksimal serupa juga harus dilakukan di semua desa-desanya, sebab program-program kecamatan dilakukan masyarakat luas.


    Selama menjabat Camat Cibitung, Yana membuat program Cibitung Cerdas, yaitu mengajak semua masyarakat mematikan televisi pada pukul 18.00 - 20.00 WIB, waktu tersebut memberi kesempatan agar anak-anak bisa mengaji dan belajar. 


    Kemudian, revitalisasi Posyandu, seperti kesehatan, pendidikan dan perekonomian. Semua program ini harus disepakati dan dideklarasikan bersama, sebagai komitmen membangun daerah bersama-sama.


    "Di kantor-kantor pelayanan, kita punya program Apataro atau aparat tanpa asap rokok, kita juga melakukan terapi bagi aparat yang ingin berhenti merokok," jelasnya.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +