• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    PLN dan BUMDes Pangasihan Luncurkan TJSL untuk Peningkatan Kesehatan dan Air Bersih

    Minggu, 16 Juni 2024


    Progresif.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (PLN UIT JBT) melalui UPT Karawang bersama dengan Badan Usaha Milik Desa Pangasihan resmi memulai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk Cibukamanah Bersih, Sehat dan Mandiri (Berseri). 


    Program TJSL ini dilaksanakan di Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (12/2024).


    PLN menyalurkan kebutuhan air bersih, Posyandu dan fasilitas penunjang lainnya bagi 40 kepala keluarga, dengan total 476 jiwa yang menjadi sasaran program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di Desa Cibukamanah dan diharapkan mampu meningkatan tingkat kesehatan masyarakat melalu penyediaan air bersih dan sanitasi.


    General Manager PT PLN (Persero) UIT JBT, Tejo Wihardiyono mengatakan, terbatasnya penyediaan air bersih dan fasilitas sanitasi masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Purwakarta. 


    PLN hadir dan mengambil peran dalam membantu menyediakan sarana air bersih pada daerah yang kesulitan akses air bersih.


    Masyarakat Desa Cibukamanah, Kabupaten Purwakarta seringkali mengeluhkan sulitnya hidup di mana adanya keterbatasan fasilitas dan ktersediaan air bersih untuk kebutuhan air sehari-harinya.


    Tejo menuturkan bantuan yang akan dibangun mulai Juni tahun 2024 ini hingga Oktober 2024 ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan PLN dalam mendukung Program Suistainable Development Goals (SDGs) terkait Akses Air Bersih dan Sanitasi yang dicanangkan oleh Pemerintah. 


    “Program ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi, karena masyarakat dilibatkan sebagai pengelola bantuan sarana dan prasarana air bersih yang terbentuk dalam kelompok badan usaha masyarakat desa (BUMDes),” ujar Tejo.


    Ketua BUMDes Pagasihan, Dr. Karwita S.H, M.H, mengapreasiasi PLN yang telah menginisiasi kolaborasi bersama pihaknya dalam penyediaan air di Kabupaten Purwakarta.


    “Kami mengapresiasi PLN yang telah menunjukkan kepeduliannya dalam penyediaan air bersih di Kabupaten Banjar. Kami berharap kolaborasi ini dapat terbangun dengan baik dan memberikan dampak postif terhadap masyarakat sekitar,” kata Karwita.


    Sementara itu, Manager ULTG Purwakarta selaku perwakilan Manajemen UPT Karawang, Jumain mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan konstribusi positif bagi Masyarakat sekitar instalasi PLN di unit kami, pemberian program TJSL ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian PLN terhadap kesejahterhaan masyarakat.


    Pada kesempatan yang sama Manager UPT Karawang, Syafrizal menyampaikan, pihaknya berharap dengan adanya fasilitas air bersih dan sanitasi yang memadai, kualitas hidup masyarakat Desa Cibukamanah akan meningkat secara signifikan.


    "Kami juga ingin mengajak Masyarakat untuk bersama-sama menjaga asset PLN demi keberlanjutan layanan Listrik yang andal,” ungkap Syafrizal. 


    Dengan program TJSL ini, PLN berharap dapat meminimalkan dampak negatif atas risiko aktivitas perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar tower 20-21 SUTT 70Kv Purwakarta-Subang, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Cibukamanah secara signifikan.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +